Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Banyuasin · 26 Jan 2023 06:33 WIB ·

Bupati Askolani : Tetap Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat Kabupaten Banyuasin


 Bupati Askolani : Tetap Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat Kabupaten Banyuasin Perbesar

Palembang jalurinformasi.com, – Dinas kesehatan Kabupaten Banyuasin sukses mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) sekaligus memperingati Hari Gizi Nasional Ke-63 yang dilaksanakan dari tanggal 25-26 Januari 2023 dengan tema “Nakes Begesah Mewujudkan Banyuasin Sehat Menuju Banyuasin Bangkit dan Sejahtera” bertempat di OPI Indah Hotel Jakabaring, Rabu (25/1).

Dilaksanakan Rakontek dalam rangka memenuhi ketersediaan data dan informasi kondisi, serta kemajuan pembangunan kesehatan untuk mendukung program kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH dalam diskusinya mengatakan dalam menghadapi persaingan global diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Penyelenggaran urusan kesehatan merupakan salah satu kegiatan wajib layanan dasar Pemerintah Kabupaten Banyuasin, urusan kesehatan memiliki kontribusi sangat menentukan dalam pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin.

“Kegiatan Rakontek ini untuk memberikan pelayanan prima melalui program-program yang telah dijalankan selama ini oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin. Dimana indikator utama terkait urusan kesehatan usia harapan hidup, angka kematian ibu melahirkan, persentase balita gizi buruk, angka kematian bayi per 1.000 kelahiran hidup, tingkat pelayanan pasien rumah sakit,” paparnya.

Dilanjutkan Bupati Askolani, untuk mewujudkan hal tersebut pembangunan dibidang kesehatan harus dilaksanakan dengan optimal sebagai prasyarat terwujudnya generasi penerus pembangunan yang tumbuh dan berkembang secara optimal cerdas serta produktif. Pelayanan kesehatan yang berkualitas harus terus dilakukan bersama-sama melaksanakan pembangunan kesehatan dengan sebaik-baiknya, guna mewujudkan Banyuasin Sehat menuju Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

“Pemerintah Kabupaten Banyuasin berharap agar tenaga kesehatan yang ada sekarang dapat bekerja dengan maksimal dan berinovasi, agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat diseluruh Kabupaten Banyuasin seperti salah satu dari 12 (Dua Belas) gerakan Bupati Banyuasin yaitu Begesah (Beragam Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat),” himbau Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Dr. dr. Hj. Rini Pratiwi, M.Kes menjelaskan, mengenai pembahasan implementasi transformasi pada bidang kesehatan yaitu transformasi layanan primer. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan terus dilakukan dalam rangka mencapai target pelayanan kesehatan masyarakat yang terus meningkat.

“Tujuan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) dilaksanakan untuk mengkoordinasikan, mengsingkronisasikan dan mensinergikan program-program kesehatan di Kabupaten Banyuasin. Dalam perencanaan bidang kesehatan dan merumuskan rencana aksi program atau kegiatan tahun 2023 fokus pada peningkatan kinerja dan pencapaian indikator-indikator prioritas program kesehatan,” katanya.

Dr. dr. Rini menjelaskan, kegiatan Rakontek ini bisa meningkatnya derajat kesehatan dan kecukupan gizi masyarakat Kabupaten Banyuasin. Pembangunan bidang kesehatan bagian yang sangat penting dari upaya peningkatan sumber daya manusia sehingga program-program kesehatan diprioritaskan pada calon generasi penerus sejak dari kandungan dan balita,” ungkapnya.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin akan terus berusaha untuk menurunkan angka stunting, dimana pada tahun 2023 ini telah turun 2 persen menjadi 20 persen dalam tiga tahun berturut-turut Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin tetap mengupayakan menurunkan angka stunting. Meskipun terdapat 3.510 anak atau 6,31 persen balita di Kabupaten Banyuasin yang tergolong stunting,” tutup Dr. dr. Rini.

Pada kesempatan tersebut juga penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Banyuasin sehat menuju Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sehahtera, dilanjutkan penyerahan insentif vaksinator covid-19 Tahun 2022 untuk Puskesmas Pangkalan Balai, Puskesmas Talang Jaya Telang, Puskesmas Mariana, Puskesmas Margo Mulyo, Puskesmas Srikaton.

Kategori Puskesmas Inovatif Tahun 2023, penghargaan rumah sakit yang berperan aktif dalam menjalankan program Jamkesda, pengelola obat terbaik Tahun 2022, pelaporan vaksin covid-19 terbaik Tahun 2022, penghargaan kepada tenaga non ASN dengan masa pengabdian lebih dari 10 tahun, dan penyerahan alat ukur stunting.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur RSUD Banyuasin, RSUD Sukajadi, RSP Makarti Jaya, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan IDI, IBI, PERSAGI, PPNI dan HAKLI Kabupaten Banyuasin, Kepala UPT Puskesmas dan Bidan Koordinator Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Banyuasin. (SMSI Banyuasin)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Ketua SMSI Sumsel Lantik Pengurus SMSI Banyuasin Periode 2024-2027

12 Juli 2024 - 12:38 WIB

Pasca Terbakarnya Sumur Minyak Diduga Illegal, Kini Tim SAR Gabungan Kembali Temukan Mayat Kedua

1 Juli 2024 - 03:35 WIB

Pj Bupati Hani Syopiar Rustam Terus Gencarkan Prokasi

22 Juni 2024 - 13:02 WIB

Bersama Keluarga, Pj Bupati Hani Syopiar Rustam Sholat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Al-Amir

17 Juni 2024 - 11:54 WIB

Peringati HLHS, Pj. Bupati Banyuasin Himbau Jaga Kebersihan Lingkungan Dan Sungai

14 Juni 2024 - 12:07 WIB

Pengendalian Inflasi Jelang Idul Adha, Pj. Bupati Banyuasin Gelar Pasar Murah

13 Juni 2024 - 01:30 WIB

Trending di Banyuasin