Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Berita Utama · 8 Feb 2023 18:25 WIB ·

Dinilai Tak Becus, Lingkungan Sumsel Tak Terurus, Kawali Desak Pergantian Kordinator Inspektur Tambang


 Dinilai Tak Becus, Lingkungan Sumsel Tak Terurus, Kawali Desak Pergantian Kordinator Inspektur Tambang Perbesar

SUMSEL, jalurinformasi.com – Aktivis Kawal Lingkungan Hidup Indonesia Lestari (KAWALI) Sumsel terus menyuarakan evaluasi atas kinerja Inspektur Tambang Penempatan Sumsel yang menjadi perwakilan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam mengawasi usaha pertambangan di Bumi Sriwijaya.

Mereka menggelar aksi di halaman kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumsel, Selasa (7/2). Belasan aktivis tersebut menyampaikan sejumlah tuntutan.

Diantaranya, menggugat kinerja Pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan Inspektur tambang penempatan Sumsel atas banyaknya kerusakan lingkungan seperti: Pemindahan sungai tanpa izin, permasalahan limbah batubara dan Reklamasi dalam aktivitas pertambangan.

Menggugat kinerja Pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan Inspektur tambang penempatan Sumsel atas maraknya kasus kecelakaan tambang (fatality) di Sumsel. Kemudian, meminta Menteri ESDM melakukan audit investigatif terhadap kinerja Inspektur tambang penempatan Sumsel atas lemahnya pengawasan yang disinyalir terjadi akibat adanya dugaan gratifikasi, dan atau kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) dengan perusahaan perusak lingkungan dan pelanggar aturan.

Meminta Menteri ESDM mengevaluasi dan atau mencabut penugasan Inspektur tambang penempatan Sumsel sehingga fungsi pembinaan dan Pengawasan dikembalikan dari Kementerian ke Provinsi Sumsel

“Meminta semua pihak terlibat dan mengawasi kinerja pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan terhadap aktivitas pertambangan di Sumsel kedepan,” kata Ketua KAWALI Sumsel, Chandra Anugrah dalam keterangan resminya.

Chandra mengatakan, kinerja pengawasan yang lemah dari Inspektur Tambang membuat banyak kejadian fatality yang terjadi dalam kegiatan operasional penambangan perusahaan.

Permasalahan kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan tambang juga sudah seringkali terjadi. Padahal, Inspektur Tambang memiliki wewenang yang kuat dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap perusahaan tambang di Sumsel. Salah satunya dengan menyetop operasional perusahaan yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan

Namun, peran tersebut dinilai masih belum dijalankan oleh Inspektur Tambang. Menurutnya Inspektur Tambang Sumsel terkesan lemah meski memiliki kewenangan yang kuat seperti diatur dalam Pasal 36 PP No.55 Tahun 2010 tentang Pembinaan Dan Pengawasan Penyelenggaraan Pengelolaan Dan Pelaksanaan Usaha Pertambangan Mineral Dan Batubara.

“Sampai sejauh ini kami belum melihat ada tindakan tegas dari Korit Sumsel atas apa yang terjadi (pencemaran dan kerusakan lingkungan) di sejumlah wilayah, khususnya di sekitar tambang di Sumsel,” ungkap Chandra.

Atas sejumlah kinerja buruk tersebut, KAWALI Sumsel mendesak agar segera dilakukan pergantian pejabat yang lebih kompeten dalam melakukan tugas pengawasan dan pembinaan tersebut. “Tuntutan kami agar Korit (Kordinator Inspektur Tambang) Penempatan Sumsel bisa dipecat dan diganti dengan pejabat yang kompeten,” ucapnya.

Aksi aktivis KAWALI Sumsel diterima oleh jajaran pejabat di lingkungan Dinas ESDM Sumsel. Mulai dari Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumsel, Hendriansyah dan Kepala Bidang Teknik dan Penerimaan Minerba, Armaya Sentanu Pasek dan jajaran lainnya. (SMSI)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Bantu Korban Kebakaran, PT Kendi Arindo Salurkan Sembako

20 Juli 2024 - 06:46 WIB

Oktaf Riady Ingatkan PWI Sumsel Harus Taat KEJ

19 Juli 2024 - 09:36 WIB

Lubuklinggau Tuan Rumah Harganas XXXI Tingkat Provinsi Sumsel 2024 Berjalan Sukses dan Lancar

18 Juli 2024 - 09:57 WIB

Pembuangan Limbah Pabrik PT Agro Gading Sejahtera Picu Aksi Protes LSM dan Ormas

17 Juli 2024 - 12:19 WIB

Kecam DK, Hendry Ch Bangun Tetap Ketua PWI Pusat

17 Juli 2024 - 06:01 WIB

Dewan Kehormatan Berhentikan Penuh Hendry Ch Bangun Dari Keanggotaan PWI

17 Juli 2024 - 05:36 WIB

Trending di Berita Utama