Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Berita Utama · 6 Feb 2023 00:10 WIB ·

Ekspedisi Toba- HPN 2023: Di Geosite Sipinsur, Ketum SMSI: Mari Kita Tulis Dengan Rasa dan Cinta


 Ekspedisi Toba- HPN 2023: Di Geosite Sipinsur, Ketum SMSI: Mari Kita Tulis Dengan Rasa dan Cinta Perbesar

Humbahas, jalurinformasi.com – Geosite Sipinsur di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara, merupakan satu dari 16 Geopark Kaldera Toba yang menyuguhkan pemandangan alam yang cukup menawan.

Selain berhawa sejuk dengan dikelilingi deretan pohon pinus yang menjulang, kawasan ini sejak diresmikan pada 2018 lalu banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional.

“Sudah dua kali Presiden Jokowi mengunjungi tempat ini (Geosite Sipinsur),” kata Hasundungan Manurung, pengelola Geosite Sipinsur, Minggu (05/02/2023).

Sejak kunjungan Presiden Jokowi, Geosite Sipinsur menjadi primadona andalan Pemkab Humbahas di bidang kepariwisataan.

“Kalau hari-hari libur nasional, pengunjung bisa mencapai 3 ribuan orang,” ungkap Hasundungan saat menerima rombongan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) tahun 2023. Ekspedisi ini merupakan rangkaian dalam menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara.

Ketua Umum SMSI Firdaus beserta rombongan dan jajaran pengurus SMSI provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia juga begitu takjub menyaksikan panorama alam Geosite Sipinsur.

“Sungguh keindahan alam yang penting untuk dinikmati. Geopark Kaldera Toba ini merupakan bagian dari warisan dunia yang perlu kita jaga. Mari kita tulis dengan rasa dan penuh cinta,” pesan Firdaus kepada jajaran SMSI.

Ungkapan kagum juga dilontarkan Ketua SMSI Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Begitu menjejakkan kakinya di Geosite Sipinsur, dia langsung terpana dan kemudian merekam momen keindahan itu dengan hapenya.

“Luar biasa ini. Sungguh. Ini akan kita viralkan ke masyarakat Sumatera Selatan. Selama ini mereka tau hanya Danau Toba. Ternyata cukup banyak potensi wisata menawan di sekelilingnya,” katanya.

Sama dengan geosite lainnya, Geosite Sipinsur juga terbentuk setelah peristiwa letusan Gunung Toba pada 24 ribu tahun lalu. Berbeda dengan geosite lainnya, kawasan Geosite Sipinsur berbentuk runcing yang berada pada ketinggian. Dari atasnya, hamparan Danau Toba begitu indah dengan bukit-bukit yang mengitarinya. (SMSI)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Bantu Korban Kebakaran, PT Kendi Arindo Salurkan Sembako

20 Juli 2024 - 06:46 WIB

Oktaf Riady Ingatkan PWI Sumsel Harus Taat KEJ

19 Juli 2024 - 09:36 WIB

Lubuklinggau Tuan Rumah Harganas XXXI Tingkat Provinsi Sumsel 2024 Berjalan Sukses dan Lancar

18 Juli 2024 - 09:57 WIB

Pembuangan Limbah Pabrik PT Agro Gading Sejahtera Picu Aksi Protes LSM dan Ormas

17 Juli 2024 - 12:19 WIB

Kecam DK, Hendry Ch Bangun Tetap Ketua PWI Pusat

17 Juli 2024 - 06:01 WIB

Dewan Kehormatan Berhentikan Penuh Hendry Ch Bangun Dari Keanggotaan PWI

17 Juli 2024 - 05:36 WIB

Trending di Berita Utama