Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Palembang · 10 Des 2023 06:09 WIB ·

Hadiri Bimtek Pembentukan KPPS, Pj Bupati Hani Syopiar Rustam Ingatkan Tugas dan Wewenang KPPS


 Hadiri Bimtek Pembentukan KPPS, Pj Bupati Hani Syopiar Rustam Ingatkan Tugas dan Wewenang KPPS Perbesar

Palembang jalurinformasi.com,- Dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kabupaten Banyuasin, Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH mengingatkan tugas dan wewenang KPPS sebagai salah satu faktor pendukung dalam mensukseskan Pemilu 2024, digelar di Novotel, Palembang, Sabtu (9/12).

Peran KPPS sangat signifikan dalam mendapatkan hasil pemilu. Untuk itu, Pj. Bupati Banyuasin menegaskan tugas dan wewenang KPPS harus benar-benar dilaksanakan dengan baik agar timbul trust dari pemilih dan calon dipilih.

Selain itu juga, Hani S. Rustam mengingatkan untuk semua anggota KPPS agar bersama memberi contoh untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian, propaganda politik, politisasi isu SARA, dan kampaye hitam melalui saluran media sebagai alat menjatuhkan lawan guna meraih kekuasaan.

Tentunya hal ini akan mengancam kedamaian dan pluralisme kehidupan masyarakat di Banyuasin, terciptanya pemilu damai dan aman adalah tugas seluruh komponen masyarakat sebagai wujud nyata karakter bangsa yang berlandaskan Pancasila serta diperkuat dengan nafas Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu, Plt. Ketua KPU Banyuasin, Ricky Oktadinata menjelaskan tugas dan wewenang dari KPPS yakni:

Memberi penjelasan kepada anggota KPPS, mengumunkan tempat dan waktu pelaksanaan pemungutan suara, menandatangani surat pemberitahuan untuk memberikan surat suara kepada pemilih pada daftar pemilih tetap.
Memimpin pelaksanaan kegiatan pemungutan suara, membuka rapat pemungutan suara tepat waktu, memandu pengucapan sumpah anggota KPPS, menandatangani berita acara, memberikan tata cara penggunaan alat bantu tuna netra.
Memimpin pelaksanaan penghitungan suara, menandatangani berita acara, menyerahkan hasi penghituangan suara kepada KPS dan menyerahkan kotak suara tersegel.
Membantu melaksanakan tugas Ketua KPPS dan anggota KPPS yang bertanggung jawab kepada Ketua KPPS.

Akhir sambutannya, Ricky mengajak semua KPPS untuk bekerja dengan baik, sesuai aturan agar Pemilu 2024 berjalan damai dan zero konflik. KPU Banyuasin dalam hal ini tentu akan bersinergi bersama dengan Pemkab Banyuasin, Polres, Kodim dan seluruh masyarakat Banyuasin dalam menciptakan pemilu damai, adil, bebas dan rahasia.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Kapolres Banyuasin, AKBP. Ferly Rosa Putra, S.IK, Dandim 0430/Banyuasin, Letkol. Infantri. Roni Sugiharto, Asisten I Setda Kabupaten Banyuasin, Ir.Izromaita dan seluruh Anggota KPPS Banyuasin. (Iman Santoso/SMSI Banyuasin)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Bukit Asam (PTBA) Sabet Penghargaan Outstanding Community Development Campaign

12 Juli 2024 - 12:41 WIB

HUT Bhayangkara Ke 78, Bupati Mura Menerima Penghargaan dan Pin Emas dari Kapolri

1 Juli 2024 - 12:38 WIB

Sosialisasi Bersama Uji Coba Perpol 2 Tahun 2023 untuk Perlindungan Kesehatan Bagi Pemohon SIM Dengan Memastikan Kepesertaan JKN Aktif

27 Juni 2024 - 09:55 WIB

Ketua PWI Sumsel Kurnaidi Imbau”!!! Stop Sebarkan Berita Hoaks dan Ujaran Kebencian

15 Juni 2024 - 04:03 WIB

Puncak HPN Sumsel, Ketua STAI Bumi Silampari Terima Penghargaan Mitra PWI Sumsel

10 Juni 2024 - 11:10 WIB

Puncak HPN Sumsel 2024, Kepala BPJS Cabang Lubuklinggau Terima Penghargaan Mitra PWI

10 Juni 2024 - 10:51 WIB

Trending di Berita Utama