Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Lahat · 17 Apr 2023 04:35 WIB ·

Arkha X Artami : BerkARTramadhan 2023 “Kembali Hidup Sambut Ekspresi”


 Arkha X Artami : BerkARTramadhan 2023 “Kembali Hidup Sambut Ekspresi” Perbesar

Lahat, jalurinformasi.com – Bertempat di Cafe Titik Nol Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kegiatan Amal BerkARTramadhan 2023 yang bertajuk “Kembali Hidup Sambut Ekspresi”, berjalan dengan sukses dan meriah. (15/04).

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun pada bulan ramadhan tersebut sudah berjalan kurang lebih hampir satu dekade. Berawal dari kegelisahan beberapa anggotanya untuk bisa berbuat dan berbagi hal positif namun tetap dapat menyalurkan hobi serta berkspresi, akhirnya, dibantu dengan beberapa pelaku seni dan komunitas lainnya, terbentuklah suatu kegiatan kolektif yang bertajuk BerkARTramadhan.

Atika Noprida, salah satu penggagas sekaligus founder Arkha Ruang Kreatif saat ditanyai mengatakan bahwa; kelebihan seseorang akan menjadi percuma apabila tidak dapat memberi pengaruh positif untuk sekitar.

“Saya melihat bahwa saat itu kawan-kawan yang memiliki passion seni di Lahat ini sangat banyak dan punya potensi, kebetulan saat itu bulan puasa dan kawan-kawan tidak memiliki kegiatan sama sekali, berhubung ini bulan yang baik, saat itu dimulai dengan ajakan-ajakan bercanda, akhirnya direspon dengan serius oleh kawan-kawan Arkha yang tergabung di dalam grup. Akhirnya kita bikin jadwal ketemu untuk membahas konsepnya.” Kata Tika.

Kemudian Tika mengaku, walaupun pada berkARTramadhan 2023 ini dirinya tidak bisa terlibat langsung, ia tetap salut sekaligus bangga terhadap kawan-kawan karena dari awal digelarnya berkARTramadhan hingga tahun ini, semangatnya tetap sama sekalipun orang-orangnya silih berganti.

“Alhamdulillah, walaupun saya tidak bisa terlibat secara langsung karena satu dan hal lain, namun kita tetap berkoordinasi melalui grup WA. Tentu kesuksesan acara amal berkARTramadhan adalah harapan kita semua, karena ini murni dilakukan untuk kebaikan, selain itu kawan-kawan pelaku seni di Lahat juga dapat berekspresi. Intinya berkARTramadhan adalah wadah/panggung bagi kawan-kawan untuk berkolaborasi dalam ide serta saling support satu sama lain antar sesama pelaku seni dan kreatif.” Tegas Tika.

Adapun konten yang menjadi kunci dari kesuksesan kegiatan berkARTramadhan sendiri di antaranya; Ngamal (Ngamen Amal), nah Ngamen Amal sendiri merupakan kunci dari kesuksesan berkARTramadhan, yang mana pada pelaksanaannya sendiri dilakukan selama kurang lebih satu minggu hingga 10 (sepuluh) hari di pertengahan ramadhan, yang mana tim berkARTramadhan akan mengajak kerjasama tempat-tempat favorit anak muda seperti cafe, hingga tempat-tempat lainnya seperti angkringan hingga Mall untuk diisi dengan penampilan band, puisi, standup komedi, tari, live karikatur, hingga penjualan merchendise hasil karya UMKM lokal. kegiatan ngamen amal tersebut akan di mulai sesaat sebelum berbuka puasa dan dilanjutkan setelah berbuka/sholat maghrib sampai dengan selesai. di lokasi yang menjadi titik jalannya Ngamen Amal berlansung, tim berkARTramadhan sendiri sudah menyediakan beberapa kotak amal untuk diisi oleh pengunjung cafe/tempat tersebut.

Kemudian setelah Ngamen Amal, tim berkARTramadhan akan melaporkan hasil uang yang terkumpul sekaligus memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih bagi seluruh pihak yang terlibat dalam bentuk panggung pertunjukan. Kegiatan ini biasa mereka sebut dengan malam puncak berkARTramadhan yang biasanya dilakukan 1 (satu) hari setelah kegiatan Ngamen Amal selesai.

Pada malam puncak sendiri, sebagaimana yang pernah digelar pada tahun-tahun sebelumnya, selalu ada yang berbeda dan menarik dari pagelaran berkARTramadhan, seperti misalnya konsep tempat dan panggung yang terlihat megah, sekalipun kegiatannya sendiri nol budget, kemudian banyaknya merchendise yang dibuat dan dikaryakan langsung oleh UMKM lokal yang setiap keuntungannya juga akan masuk ke dalam kotak amal berkARTramadhan, penampilan seluruh band  hingga pertunjukan seni kreatif lainnya yang tentu disajikan dengan totalitas, membuat agenda tahunan berkARTramadhan ini mendapat banyak respon positif dari masyarakat.

Fitri selaku founder Artami yang kebutulan pada berkARTramadhan tahun 2023 ini dipercaya sebagai ketua pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah kegiatan berkARTramadhan 2023 dengan tema “kembali hidup sambut ekspresi” berjalan dengan baik. Saya selaku ketua pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, kepada semua orang-orang baik yang telah sukarela mendukung serta membantu demi keberlangsungan acara. kemudian, sekaligus mewakili seluruh tim BerkARTramadhan 2023 tak lupa saya sampaikan permemohonan maaf apabila yang sebesar-besarnya apabila ada kekeliruan selama kegiatan berlangsung, terkhusus untuk owner cafe, angkringan dan tempat lainnya yang selama kegiatan ngamen amal berlangsung bersedia untuk direpotkan. sekali lagi saya ucapkan terima kasih. kemudian, Saya harap kerjasama dan kekompakan untuk saling berbagi energi positif ini dapat terjalin terus.”

“Adapun uang yang terkumpul dari hasil Ngamen Amal hingga malam puncak adalah Rp. 7.012.000. insya Allah kita akan segera menyalurkan hasil donasi tersebut kepada saudara-saudara yang membutuhkan. sampai jumpa di BerkARTramadhan 2024.” Tutup Fitri. (SMSI Lahat)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Kasus Dugaan Korupsi Inspektorat Kabupaten Lahat Terus Diusut Kejaksaan

17 Februari 2024 - 01:44 WIB

Periksa 20 Saksi, Kejari Lahat “Kebut” Penyidikan Kasus Dandes Tanjung Raya Tanjung Tebat

5 Februari 2024 - 12:12 WIB

Kasus Dugaan Perjalanan Dinas Fiktif Dua OPD Lahat Terus Diperiksa Kejaksaan

25 Januari 2024 - 05:20 WIB

Kembali Operasikan Bus Sekolah “Langkah Pj Bupati Lahat” Diapresiasi Pengamat

24 Januari 2024 - 13:43 WIB

Pentolan Penggugat Pjs Kades Soalkan Kalender Cik Ujang, Bagai “Nyiramkah Bensin ke Pandok’an

20 Januari 2024 - 06:20 WIB

Terkait Kalender Pemkab Lahat 2024 Bergambar Mantan Bupati Cik Ujang, AMPD Laporkan Setda Lahat ke Kejari

3 Januari 2024 - 11:00 WIB

Trending di Berita Utama