Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Lahat · 3 Feb 2023 06:47 WIB ·

Bukit Asam Berdayakan Para Ibu Rumah Tangga Lewat Budidaya Jamur Tiram


 Bukit Asam Berdayakan Para Ibu Rumah Tangga Lewat Budidaya Jamur Tiram Perbesar

Lahat jalurinformasi.com, – Para ibu rumah tangga di Desa Sirah Pulau, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat berhasil melakukan panen raya jamur tiram, di Lapangan Desa Sirah Pulau, Merapi Timur, Lahat, Rabu (1/2/2023). Mereka merupakan binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Para ibu di Desa Sirah Pulau ini memanen jamur tiram dari 6 rumah kumbung. Setiap rumah kumbung yang berisi 1.000 baglog dikelola 2 orang, total ada 6.000 baglog.

Camat Merapi Timur, Edeales Pokal, atas nama warga setempat mengucapkan terima kasih kepada PTBA yang dengan senang hati membimbing dan memberikan ilmu kepada warga sehingga bisa berhasil melakukan panen jamur tiram. Ia berharap agar PTBA juga melanjutkan kegiatan ini di desa-desa lain.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini dapat memajukan desa-desa di sekitar PTBA,” ucapnya.

Salah satu pembudidaya jamur tiram juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PTBA yang memberikan pembinaan sehingga budidaya jamur tiram sukses.

“Saya sangat mengucapkan terima kasih, karena dapat usaha sendiri dan juga dapat mendapatkan penghasilan sendiri dari budidaya jamur,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Manager Community Engagement PTBA Listati menyampaikan rasa sangat senang dan bangga karena akhirnya masyarakat Desa Sirah Pulau berhasil melakukan budidaya jamur tiram.

Menurut Listati, keberhasilan panen jamur tiram ini juga karena adanya keinginan warga untuk maju. PTBA memberikan bantuan usaha dan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan ekonomi dengan budidaya jamur tiram.

“Dan tentunya, tidak lepas dari upaya pendampingan yang dilakukan terus menerus, mulai dari studi banding sampai dengan pemanenan sehingga ibu-ibu bisa panen raya jamur tiram,” dia menuturkan.

Pihaknya berharap dengan aktivitas sebagai pembudidaya jamur ini, ibu-ibu menjadi mandiri dan memiliki peluang usaha baru yang menjanjikan. Terlebih, jamur tiram ada pasarnya dan mudah untuk dijual di pasaran.

“Dengan kesibukan positif ini, kami berharap juga ibu-ibu bisa menularkan ilmunya atau pemikiran secara luas ke warga lainnya sehingga kehidupan ibu-ibu menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya. (rls)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Lahat Megah di Balik Jeritan Hati Rakyat Pedesaan

2 April 2024 - 00:38 WIB

Kasus Dugaan Korupsi Inspektorat Kabupaten Lahat Terus Diusut Kejaksaan

17 Februari 2024 - 01:44 WIB

Periksa 20 Saksi, Kejari Lahat “Kebut” Penyidikan Kasus Dandes Tanjung Raya Tanjung Tebat

5 Februari 2024 - 12:12 WIB

Kasus Dugaan Perjalanan Dinas Fiktif Dua OPD Lahat Terus Diperiksa Kejaksaan

25 Januari 2024 - 05:20 WIB

Kembali Operasikan Bus Sekolah “Langkah Pj Bupati Lahat” Diapresiasi Pengamat

24 Januari 2024 - 13:43 WIB

Pentolan Penggugat Pjs Kades Soalkan Kalender Cik Ujang, Bagai “Nyiramkah Bensin ke Pandok’an

20 Januari 2024 - 06:20 WIB

Trending di Berita Utama