Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Berita Utama · 2 Okt 2023 18:21 WIB ·

Konsistensi Bukit Asam (PTBA) Jalankan Good Mining Practice Demi Keberlanjutan


 Konsistensi Bukit Asam (PTBA) Jalankan Good Mining Practice Demi Keberlanjutan Perbesar

Jakarta, jalurinformasi.com – PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Grup MIND ID, berhasil meraih 5 Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik (Good Mining Practice/GMP) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Penyerahan penghargaan dilakukan di Jakarta pada Jumat (29/9/2023).

Empat penghargaan diperoleh PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim, yaitu Penghargaan Aditama kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Utama kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Utama kategori Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, serta Penghargaan Utama kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara. Satu penghargaan lainnya yakni Penghargaan Pratama kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara untuk PTBA Unit Pelabuhan Tarahan.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya pada acara ini menyampaikan ucapan selamat kepada perusahaan-perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang berhasil mendapat penghargaan.

“Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah kepada para perusahaan pertambangan dan perusahaan jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik,” kata Arifin.

Industri pertambangan, Arifin menuturkan, saat ini tengah dihadapkan pada berbagai tantangan. Di antaranya adalah tuntutan transparansi dan akuntabilitas yang semakin tinggi, kerusakan lingkungan dan pemanasan global, transisi energi, fluktuasi harga komoditas, hingga cadangan yang semakin terbatas.

Untuk menghadapi tantangan-tantangan itu, penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik harus terus diperkuat. Kaidah teknik pertambangan meliputi aspek-aspek teknik dan lingkungan yaitu Pengelolaan Teknis Pertambangan, Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Penerapan Konservasi Mineral dan Batubara, dan Pengelolaan Standarisasi serta Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Dengan diterapkannya kaidah teknik pertambangan yang baik, diharapkan kegiatan pertambangan dapat berlangsung efektif, efisien, aman, dan ramah lingkungan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi & Produksi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suhedi menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Pemerintah. Ia menegaskan komitmen PTBA untuk secara konsisten mengimplementasikan praktik pertambangan yang baik.

“Apresiasi ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik dalam setiap kegiatan operasional,” kata Suhedi.

Suhedi menambahkan, praktik pertambangan yang baik merupakan salah satu kunci untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060 yang ditetapkan Pemerintah. Berbagai upaya, antara lain reklamasi lahan bekas tambang, rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS), elektrifikasi peralatan pertambangan, hingga digitalisasi pertambangan telah dilakukan PTBA.

Kaidah teknik pertambangan yang baik juga menjadi bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan, serta meningkatkan kontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional. “Dengan begitu, PTBA dapat terus menjadi penyedia sumber energi bagi pembangunan dan semakin menyejahterakan masyarakat,” ujar Suhedi.

Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Pertambangan dan Energi ke-78 yang jatuh pada 28 September 2023. (rls)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pembuangan Limbah Pabrik PT Agro Gading Sejahtera Picu Aksi Protes LSM dan Ormas

17 Juli 2024 - 12:19 WIB

Kecam DK, Hendry Ch Bangun Tetap Ketua PWI Pusat

17 Juli 2024 - 06:01 WIB

Dewan Kehormatan Berhentikan Penuh Hendry Ch Bangun Dari Keanggotaan PWI

17 Juli 2024 - 05:36 WIB

Sertijab Kapolres Lubuklinggau Diwarnai Upacara Tradisi Penyerahan Pataka dan Farewell Parade.

15 Juli 2024 - 17:28 WIB

Pj Wako Lubuklinggau Beserta Forkopimda Hadiri Pisah Sambut Kapolres Lubuklinggau

15 Juli 2024 - 17:11 WIB

DPRD Kota Lubuklinggau Sahkan Perda LKPJ APBD 2023

15 Juli 2024 - 16:43 WIB

Trending di Advertorial